Tips Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Saya ini termasuk orang yang malas dan jarang minum, tetapi sering mengeluh kulitnya kering dan kusam hehehehe. Itu terjadi di luar bulan Ramadan. Apalagi ketika bulan Ramadan, baru makan sedikit saja perut rasanya sudah begah, apalagi kalau harus minum banyak di satu waktu sekaligus. Hufh.

Jadi saya menulis ini bukan karena saya ahli dan menjunjung tinggi tubuh terhidrasi. Melainkan karena saya mulai khawatir sama diri sendiri apalagi ketika habis dari kamar mandi saya memperhatikan warna air seni. Saya jadi ngeri karena warnanya begitu pekat.

Maka dari itu saya mau mencari tahu tips mengatur minum agar asupan air terjaga, tanpa perut begah. Berikut ini hasil penelusuran saya:

Kebutuhan cairan orang dewasa

Berdasarkan hasil wawancara tim Kompas dengan dr. Tan Shot Yen juga laman Kemenkes RI, kebutuhan cairan orang dewasa adalah 8 gelas ukuran 230 mL atau sekitar 2 L per hari. Hal ini senada dengan anjuran Kemenkes dalam infografis berikut ini:

Rule of thumb kebutuhan cairan pada orang dewasa (Sumber Gambar)

Sumber lain mengatakan cairan yang harus diminum sekurang-kurangnya adalah 1,5 L per hari atau 30mL/kgbb/24 jam. Jadi karena berat badan saya saat ini adalah 48 kg, setidaknya saya harus minum sekitar 1,4 L air selama 24 jam.

Mengatur jadwal minum

Menurut dr. Tan, selama puasa pun kebutuhannya tidak berubah dan sebenarnya sangat mungkin untuk terpenuhi. Beliau menyarankan untuk mengatur jadwalnya sebagai berikut:

  • 1 gelas saat berbuka puasa 
  • 2 gelas saat makan sehabis sholat Maghrib 
  • 2 gelas setelah pulang/selesai sholat tarawih 
  • 1 gelas sebelum sahur 
  • 2 gelas setelah selesai makan sahur sebelum imsak

Beliau juga menekankan untuk meminum air putih saat berbuka karena itu yang paling mudah diserap oleh tubuh. Selain air putih, asupan cairan juga bisa didapat dari sayuran dan buah yang mengandung banyak air misalnya semangka dan bayam.

Strategi lain yang bisa diterapkan menurut redaksi Halodoc adalah pola 2-4-2. Wow, apakah itu formasi sepak bola? Haha tentu tydac, yang dimaksud adalah

  • Minum 2 gelas air putih saat berbuka
  • Minum 4 gelas air putih saat makan malam
  • Minum 2 gelas air putih saat sahur

Sebenarnya strateginya mirip yaa, tetapi kalau saya pribadi merasa sepertinya strategi yang pertama lebih mudah dilakukan asalkan tidak lupa hehehe.

Manfaat memenuhi kebutuhan cairan

Sebenarnya tanpa saya tulis di sini juga sudah jelas ya banyak sekali manfaat hidrasi yang cukup, tetapi kurang afdol rasanya kalau belum dibahas. Sekalian mengingatkan diri sendiri juga biar semangat minum.

Manfaat dari minum sudah dirangkum dalam infografis yang diterbitkan oleh Kemenkes RI berikut:

Berbagai manfaat memenuhi kebutuhan cairan (Sumber Gambar)

Berikut beberapa tambahan lain dari artikel Kompas yang saya baca:

1. Menjaga suhu tubuh

Rupanya kekurangan air dapat membuat suhu tubuh jadi panas meskipun di tempat yang dingin. Selain itu tubuh yang panas juga rentan membuat kita kekurangan cairan karena kita jadi cenderung berkeringat.

2. Meningkatkan energi. 

Maksudnya adalah mempercepat metabolisme tubuh sehingga energi yang dihasilkan pun meningkat.

3. Membantu menyerap vitamin. 

Rasanya ini yang banyak orang belum ngeuh ya, tapi sayangnya di artikel yang saya baca belum ada penjelasan rincinya. Apa mungkin berkaitan dengan meningkatnya metabolisme tubuh?

4. Melindungi sendi. 

Wah, ini penting banget apalagi buat kaum hawa yang memang rentan terkena osteoarthritis atau nyeri persendian. Minum air putih bisa membantu melumasi dan melindungi sendi dan sumsum tulang belakang.

5. Membantu kondisi kognitif.

Teman-teman tentu masih ingat dengan iklan salah satu merek air minum dalam kemasan yang menggambarkan bintang iklannya jadi telmi (telat mikir) karena kurang minum air putih. Di akhir iklan selalu ditutup dengan kalimat “Ada A***?” Hahaha

Ternyata memang ada penelitian yang menunjukkan bahwa kekurang cairan tubuh dapat mengganggu fokus serta mengurangi fungsi ingatan atau memori.

Memenuhi kebutuhan cairan termasuk dalam usaha melakukan diet seimbang dan memiliki banyak manfaat.
(Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels.com)

Penutup

Walaupun sudah tahu semua ini, rasanya masih sulit sih bagi saya untuk bisa rajin minum. Kenapa ya, padahal dispenser dekat, jadi gampang diambil. Memang belum jadi prioritas saja ya sepertinya. Selain itu saya juga memang merasa cukup terganggu kalau harus sering-sering ke kamar mandi. Huhu jangan ditiru yaa.

Ayo sama-sama berjuang memenuhi kebutuhan cairan harian supaya lebih sehat dan bugar!

Referensi:

Dewi, R.K. 2022. “Catat, Jadwal Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Saat Puasa” Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/10/203100065/catat-jadwal-minum-air-putih-8-gelas-sehari-saat-puasa?page=all.

Halodoc. 2021. “Aturan Minum Air Putih Saat Puasa” Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/aturan-minum-air-putih-saat-puasa

Featured Image: Pexels

3 thoughts on “Tips Tetap Terhidrasi Selama Puasa

  1. Masya Allah makasih remindernya mba itaa. Aku pun masih suka males, padahal bibirku jadi pecah-pecah perih gitu karena kekeringan. Bismillah mau lebih semangat lagi memperbaiki hidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.